Sep 23, 2010

Ibadah Haji adalah Panggilan Allah Swt.

Tags


Labbaika Allaahumma Labbaik, Labbaika Laa Syariika Laka Labbaik, Innalhamda Wanni'mata, Laka walmulka, Laa Syariika Laka.

aku datang memenuhi panggilan-Mu, Ya Allah! aku datang memenuhi panggilan-Mu..
aku datang memenuhi panggilan-Mu, (Tuhan) yang tidak ada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu
Sesungguhnya segala pujian, nikmat dan kekuasaan adalah kepunyaan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu...


Kata Haji berasal dari bahasa arab yaitu: حج‎, Hajj, yang berarti mengunjungi, yang dimaksud adalah mengunjungi rumah Allah dan melaksanakan berbagai kegiatan ibadah haji. Seperti yang kita ketahui bahwa menunaikan ibadah haji adalah merupakan rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Aktifitas ibadah ini adalah merupakan sebuah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia, tentu saja yang mempunyai kemampuan baik itu dari segi material, fisik, dan keilmuan, dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi yang salah satunya adalah Ka'bah, pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Dzulhijjah).
Sabda Rasulullah Saw:
“Agama Islam dibangun di atas lima perkara; bersyahadat bahwasa tdk ada yg berhak diibadahi kecuali Allah dan Nabi Muhammad itu utusan Allah mendirikan shalat menunaikan zakat shaum di bulan Ramadhan dan berhaji ke Baitullah.”
Namun demikian, bila tanpa panggilan dari Allah Swt., semampu apa pun materi, fisik, serta keilmuannya seseorang tidak akan mungkin berangkat untuk beribadah ke tanah suci tersebut. Dan dengan kuasa dan panggilanNya, seorang yang kekurangan pun bisa dengan segera menunaikan ibadah haji. Dari mana saja jalannya, dengan KehendakNya bisa saja seorang tukang pengayuh becak yang secara logika sepertinya sulit untuk menjalankan ibadah ini, bisa lebih cepat berangkat haji daripada seorang yang bergelimang harta, katakanlah seorang pejabat, atau seorang artis yang berpenghasilan puluhan juta rupiah dalam satu episode saja. Itulah kebesaran Allah, Subhanallah.

Untuk itu bagi kita yang belum diberi kesempatan, marilah kita berdo'a dan memohon kepadaNya agar kita dapat segera mendapat panggilan untuk segera melaksanakan rukun Islam yang ke-lima ini, amin.

Itulah sedikit tulisan mengenai panggilan haji dari saya, dan terakhir sehubungan tahun ini orang tua saya diberi kesempatan oleh Allah Swt. untuk menunaikan ibadah haji, saya mohon doanya kepada anda dan sobat-sobat blogger semua, semoga diberi kelancaran dan dijadikan haji yang mabrur. Tidak lupa saya juga akan mendoakan yang sama untuk anda dan sobat-sobat blogger atau saudara maupun kerabatnya yang berkesempatan yang sama, semoga diberi kelancaran juga dan dijadikan haji yang mabrur. Amin...
Wassalam, Terimakasih..

5 komentar

Artikel yang sangat bagus kang akoey.
Memang benar sekali, ibadah haji adalah undangan dari Allah. seperti halnya sholat tahajud, tidak semua orang yang bisa sholat tahajud tanpa undangannya.
karenanya dekatkan diri pada Allah, bersihkan hati dari berbagai virus, dan berdoa agar mendapat rahmat dan hidayahnya..
btw.. blognya tambah manteb sob..

Yup...saya juga mendoakan semua mereka yang naik haji tahun ini menjadi Haji yang mabrur,saya juga ingin diundang Allah untuk menunaikan ibadah ke Mekah ^__^

Sobat:
@hamz/pakdani: makasih sobat, memang tanpa undangan darinya kita tak akan bisa menunaikanny, sekalipun kita bergelimang harta. semoga kita bs mendapatkannya. Amin.
@Zan: Amien. sya doakan jg smoga mimpi sobat cpt terwujud untuk berangkat ke tanah suci, amien. makasih sob..

Asswrwb...hmm mg2 aku n misua bs pergi ibadah haji saat usia km msh muda....Amin....mg2 Kang Akoey jg yah...trims dah share...jd adem..

Waalaikumsalam wr.wb.. Amien, smoga Do'a mba Tiwi cpt terkabul yah. kita sama2 merindukan Makah, jujur akoey pengen mohon ampun dan bisa nangis disana. makasih jg do'anya. mksih dah share jg dsini.. :)


EmoticonEmoticon