Sep 27, 2010

20 Tanggung Jawab Anak Terhadap Orang Tua

Tags


Photo Bung Karno
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia (QS. Al-Israa’: 23-24)

Dipagi yang cukup cerah ini, marilah kembali kita merenung, sejauh mana kita menghormati orang tua kita? tentu tak seberapa adanya. Sebanyak apa jasa orang tua terhadap kita sejak kita dilahirkan hingga kita bisa berdiri seperti saat ini? tentu tak kan terhitung oleh alat hitung apa pun yang ada, mengingat pengorbanan orang tua yang tulus tanpa pamrih demi kita sebagai anak. Lalu seberapa banyak dosa yang kita perbuat kepada mereka? Nauudzubillah, ampuni hamba Ya Rabb..

Masih banyak pertanyaan pertanyaan mengenai orang tua yang sepertinya akan sulit untuk kita jawab, namun sejauh mana kita memaknai orang tua itu sendiri? Marilah kita muliakan mereka atas nama Allah yang telah menciptakan mereka dan kita.
Betapa mulia kedudukan Orang tua disisiNya sehingga banyak sekali ayat dalam Al-Qur'an yang menyuruh agar kita  selalu menghormatinya.  Dalam kesempatan ini, saya akan berbagi beberapa point mengenai tanggung jawab kita sebagai anak terhadap orang tua.Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Menghayati tugas orang tua
  2. Hormat dalam ucapan dan perbuatan
  3. Menundukkan diri dihadapan orang tua
  4. Menjaga kehormatan orang tua
  5. Menghormati agama orang tua
  6. Tidak menyusahkan hati orang tua
  7. Membantu usaha orang tua
  8. Bertutur kata yang sopan dan lemah lembut
  9. Mengutamakan kepentingan orang tua
  10. Mendukung perjuangan tauhid orang tua
  11. Memohonkan ampunan atas dosa-dosa orang tua
  12. Melestarikan kebajikan orang tua
  13. Memohonkan kasih sayang alloh bagi orang tua
  14. Membantu orang tua yang sdh meninggal dgn amal sholeh
  15. Menyambung ikatan shilaturrahmi dgn sahabat orang tua
  16. Berusaha menyenangkan hati orang tua
  17. Tidak masuk ke kamar pribadi orang tua
  18. Tidak mendendam kepada orang tua
  19. Menjaga nama baik diri dan orang tua 
  20. Memohon bantuan do’a orang tua
Demikian secara garis besar 20 Tanggung Jawab Anak Terhadap Orang Tua, meskipun pada kesempatan kali ini tidak saya jabarkan secara detail, akan tetapi semoga dengan ini kita dapat lebih menghargai lagi terhadap mereka, dan semoga menjadi acuan untuk kita menjalani kehidupan ini. dan semoga dapat menambah keimanan kita terhadap Allah Swt. Amin.

4 komentar

Semoga Mieny bisa mengamalkannya. Makasih infonya Kak, emang sederhana tapi banyak kita yang tak mengamalkannya, Jujur berapa yang sudah kita amalkan

semoga kita bisa menjadi orang yang birul waliden...amin

Waduh sob,,,, saya belum bisa menunaikan semua tanggung jawab saya kepada orang tua.... Thx sob uda share,,,

Subhanallah! masih banyak tanggung jawab qt..thd ortu sblm qt tidak punyai mereka lagi! Thanks Akoey


EmoticonEmoticon