Aug 5, 2010

Tips Memelihara Kesehatan Mata


Mata yang sehat dan indah adalah dambaan setiap orang, bayangkan jika sehari saja kita tak dapat melihat dunia, tentu sangat tidak nyaman bukan? Apalagi mereka yang tidak bisa melihat. Beruntunglah kita yang dianugerahi mata yang baik olehNya. Bukankah ada peribahasa yang berbunyi “dari mana  datangnya cinta, dari mata turun kehati”. Ya, tapi bukan hanya cinta dalam arti –percintaan- saja yang bisa dirasakan oleh mata, tapi indahnya dunia ini pun akan kita rasakan berawal dari mata. Bisa saja kita melihat pemandangan alam, orang-orang terdekat, bahkan melihat benda yang kita senangi. Maka dari itu sepatutnya kita bersyukur kepada Tuhan yang menciptakannya agar kita senantiasa diberikan kesehatan mata. Nah untuk itu, mari kita jaga kesehatan mata kita agar tetap dapat digunakan untuk menjalani kehidupan dengan nyaman, terutama untuk beribadah kepadaNya. Salah satu cara kita mensyukuri nikmat mata ini adalah dengan menjaga dan merawat kesehatan mata kita. Berikut ada beberapa tips untuk memelihara kesehatan mata, diantaranya yaitu:
  1. Konsumsilah makanan bergizi, terutama yang mengandung banyak vitamin A, sebab Vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A bisa kita dapatkan pada sayuran berwarna hijau, tomat, wortel, telur, hati, dan susu.
  2. Secara berkala, cucilah mata dengan air bersih. Jika menggunakan pembersih, pastikanlah aman dan sehat.
  3. Jika ada benda asing yang masuk ke mata, jangan sekali-kali menggosoknya, sebab hal ini akan menambah iritasi yang bisa terjadi diakibatkan gesekan dari benda asing tadi. Solusinya adalah dengan mengedip-ngedipkan mata saja, biasanya air mata akan membantu mengeluarkannya.
  4. Hindari penggunaan tata rias mata yang berlebihan, karena bahan kimia tertentu bisa merusak mata.
  5. Hindari asap dan biasakan berkedip (jangan terlalu sering membuka mata), kedipkanlah agar tidak terlalu tegang.
  6. Bagi anda yang bekerja dengan komputer, atau gemar membaca dengan intensitas yang cukup tunggi, coba lakukanlah hal-hal berikut ini:
    • Ruang tempat anda bekerja atau membaca itu hendaklah mendapat penerangan yang cukup, tidak terlalu terang dan tidak terlalu atau suram. Pada kondisi gelap atau pencahayaaan yang kurang, hentikanlah aktifitas anda sejenak.
    • Jaga jarak mata dengan layar komputer atau buku yang anda baca, jangan terlalu dekat dan jangan pula terlalu jauh. Jarak ideal antara mata dan layar monitor adalah sekitar 20 - 40 inchi (50 - 100 cm). Atau bila diperlukan, gunakanlah pelindung/pengaman layar monitor.
    • Sering-seringlah berkedip, sebab biasanya kita terlalu lama ketika menatap layar monitor atau buku. Mata yang jarang berkedip akan mengurangi kelembaban mata, dan pada kondisi kering mata akan mudah iritasi.
    • Istirahatkan mata anda tiap beberapa jam sekali saat bekerja atau membaca. Anda bisa lakukan cara seperti ini, tutup kedua mata anda, letakkan telapak tangan anda diatas mata lalu tekan dengan perlahan dan lembut selama beberapa saat, kemudian arahkan pandangan kesuatu benda duluar ruangan tempat anda bekerja –melalui jendela misalnya-, dengan jarak tertentu. Biasanya mata akan kembali rileks.
  7. Bagi anda yang mempunyai balita, bawalah balita anda ke posyandu terdekat untuk mendapatkan imunisasi dan kapsul vitamin A secara teratur. Biasanya ada waktu atau jadwal tertentu untuk pemberian vitamin A ini.
  8. Bawalah tetes mata kemana pun anda pergi, untuk berjaga-jaga bilamana dibutuhkan, apalagi bagi anda yang mobile.
  9. Kunjungilah dokter mata secara rutin untuk memeriksakan kondisi mata anda, apakah sehat atau kurang.
Itulah beberapa tips memelihara kesehatan mata, semoga bermanfaat. Gunakanlah mata kita untuk melihat segala sesuatu yang baik-baik saja dan bermanfaat. Yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku dimasyarakat, moral dan etika bangsa usahakanlah untuk dihindari. Mari kita syukuri nikmatNya, niscaya Yang Maha Melihat akan selalu menjaga kesehatan mata kita. Amien. :-)

6 komentar

tips-tipsnya sangat bermanfaat bagi ane nih sob, maklum akhir-akhir ini ada masalah dengan indera penglihatan. trims ya sob

@pakies: iya sama-sam sob, kalo gitu moga cepet smbuh yah.. sukses slalu Sobat :-)

Untuk nomor 3, ada kasus bukan benda asing, tapi mahluk asing, A Yayan. Contohnya semut dan lain-lain.

mantap bro akan gua jaga mata gua termasuk nonton porno... biar sehat..
Assalamu'alikum...
Salam Kenal...
Lagi blogwaliking cari teman dan sahabat..
untuk memperbanyak silaturahim dan backlink..
mohon kesediaanya untuk tukarlink dan banner link terserah anda...
tapi banner anda sudah dipasang di sidebar ruang banner konco...
jika link ada dua/ ada yang titipan html dan hanya link saja
maka ada di sidebar text link freind atau text link blog freind
semuanya di http://onlinebusinessclick.blogspot.com
blog saya ada banner link.. jika text link juga silahkan..
menyesuaikan ruand dan kepasntasan di blog anda

jika link dan banner blm terpasang mohon keediaanya mengingatkan..

Terima Kasih..
sipur

@umi: kalo makhluk planet gimana tuh? hihi.. iya deh ummi..
@sipur: waalaikumsalam sob, salam kenal jg..
sip deh, gunkan mata buat yg baik2 aja kalo bisa. hehe.. link udh siap. thanks.. :-)

jgn terlalu srg berkedip, kecuali kl ada yg seger2...he3..just kidding..mantap nih infonya teman,tnx ya....success 4 u...!


EmoticonEmoticon