Aug 16, 2010

Tips Konsumsi Makanan Selama Bulan Puasa


Pagi sobat, masih dalam rangka puasa ramadhan, semoga puasanya lancar-lancar saja yah. Ohya, sobat tahu kan dengan puasa, tubuh kita bisa menjadi sehat, asalkan dengan niat yang ikhlas semata karena Allah, pola konsumsi makanan yang teratur, tidak mustahil dengan berpuasa ramadhan penyakit kita menjadi sembuh.
Nah agar kesehatan kita selalu terjaga, berikut ada beberapa tips konsumsi makanan dalam menjalankan puasa,. Kita lihat yuk tipsnya:

  1. Selalu konsumsi makanan yang bergizi baik saat sahur ataupun berbuka. Tidak perlu mewah dan serba ada yang penting mengandung 5 unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin.
  2. Bagi sobat yang ingin kuat menahan lapar, sebaiknya konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung serat, yang terdapat dalam sayur dan buah, sebab tubuh memerlukan waktu lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.
  3. Untuk mencegah dehidrasi, perbanyaklah menum air putih saat sahur dan buka, atau selama bulan ramadhan.
  4. Setelah makan sahur, jangan langsung tidur, sholat subuhlah terlebih dahulu, kemudian biarkan tubuh mencerna makanan. Setelah itu boleh kita tidur.
  5. Saat berbuka, sobat jangan langsung minum air es, atau minuman yang mengandung es. Tapi sebaliknya, biasakanlah minum air hangat, karena dengan air dingin perut bisa kembung kaarena asam lambung dalam tubuh akan terbentuk semakin banyak.
  6. Setelah berbuka, jangan langsung makan besar, lebih baik sholat maghrib dulu, kemudian makanlah yang ringan dulu biar lambung tidak kaget setelah kosong seharian dan memerlukan ruang kosong untuk mencerna makanan. Baru setelah beberapa lama atau setelah sholat tarawih sobat bisa makan besar.
Nah itulah beberapa tips konsumsi makanan dibulan puasa agar tubuh kita senantiasa sehat. Mungkin masih banyak lagi yang sobat ketahui, kalau mau menambahkan, silahkan tinggalkan di komentar yah..
Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. salam...

11 komentar

WAH, aku udh ngelaksanain smua tuh sob seperti yg km tulis....
itu emang tips yg paling mujarab...
biar puasa kita lancar

sekedar berkunjung di pagi hari.
slamat menunaikan ibadah puasa, smoga dgn tips itu bs mmbuat puasa kita tambah afdol..
:)

@penghuni60: sip deh kalo gitu, pasti sehat sob.. met puasa yah sob.. :)
@science box: makasih kunjungan'y kawan.. semoga bermanfaat yah tipsnya, n puasa'y lancar.. met puasa jg.. :)

wah mantab tipsnya.. klo aku pokoknya buka ga banyak sahur juga gak banyak .. gak tau knp bawaannya cuma haus Sob.. klo laper sih bisa nahan hhe,...... buah juga penting tuhh bener Sob....

Semangat ...

@ferdinand: Sob, klo aku sahur dikit pas buka banyak. hehe.. banyak minum air putih aja sob, atau minuman yg banyak mengandung ion. hehe...
thanks sobat.. :) sukses slalu..

Wah kalau saya sob, makan apa adanya, yang penting menjanggal perut.....

@asis: oke deh sob, yang penting sehat yah sob, met puasa.. :)

bener tuh ..dalam islam juga dianjurkan untuk tidak minum es saat berbuka.. trims infonya

yg poin ke 4 tuh, mmg benerr..he3..ntar malah ketiduran g sholat subuh deh...jgn yah..he3. nice info teman, success 4 u..!


EmoticonEmoticon