Jul 28, 2010

Tips Menyimpan Makanan Dalam Kulkas


Salah satu faktor Kesehatan tubuh kita adalah tergantung dari seberapa baik asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kalau makanan yang kita konsumsi itu sehat, maka tentu akan bermanfaat baik untuk kesehatan kita, tetapi sebaliknya kalau makanan yang kita konsumsi itu tidak sehat, maka besar kemungkinan akan menimbulkan penyakait ditubuh kita.
Kaitannya dengan ini adalah bagaimana kita menyimpan makanan itu pada dan dengan cara yang benar, apalagi sebentar lagi akan mengahadapi bulan puasa, setelah kita makan sahur, tentunya makanan itu akan kita simpan sebelum kita makan lagi pada saat berbuka nanti. 
Nah untuk itu, berikut adalah beberapa tips menyimpan makanan dalam kulkas:
  1. Sebaiknya, kulkas dipasang pada suhu dibawah 40C, karena suhu ini cukup baik untuk membantu memperlambat proses enzim atik dan pertumbuhan bakteri, tetapi tidak terlalu dingin untuk mempengaruhi kualitas makanan dengan adanya Kristal es yang terbentuk. Disarankan memasang thermometer kulkas untuk memastikan suhu yang cukup rendah bagi keamanan pangan.
  2. Selalu tutup makanan dalam lemari es. Udara didalam kulkas sangat kering, sehingga makanan akan mudahkering, penurunan kualitas, dan menjadi tidak menarik dalam waktu singkat. Menutup makanan juga mencegah makanan yang mudah menyerap bau, seperti produk susu tercemar bahan makanan lain.
  3. Suhu dingin kulkas memperlambat proses enzim dalam makanan dan juga reproduksi bakteri. Hal ini memperpanjang kualitas, rasa dan tekstur makanan, serta menjaga makanan agar lebih lama. Namun sebagai catatan bahwa kulkas tidak membunuh bakteri dan tidak dapat memperbaiki kualitas makanan.
  4. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh. Jangan mumpung lagi puasa lantas segala macam makanan untuk nerbuka dimasukka kedalam kulkas, karena diperlukan ruang yang cukup antara makanan untuk sirkulasi udara dengan cukup. Dengan begitu, suhu akan lebih merata pada semua makanan.
  5. Gunakan thermometer kulkas untuk mengecek suhu kesegaran dan rak-rak. Bagian paling dingin dalam kulkas, jangan dipakai untuk menyimpan makanan yang rentan rusak seperti daun selada dan buah yang lembut seperti papaya.
  6. Makanan yang tidak perlu didinginkan sebaiknya dimasukkan ke kulkas setidaknya 2 jam setelah dimasak, ini untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
  7. Buang makanan yang sudah tidak akan dikonsumsi seperti sayur, buah, dan makanan yang tidak dapat dan akan dikonsumsi lagi.
  8. Khusus dibulan puasa, bersihkanlah kulkas lebih sering dari biasanya, Kalau biasanya kita bersihkan kulks sebulan sekali, maka dibulan puasa bersihkanlah dua minggu sekali. Artinya selama bulan puasa kita bersihkan kulkas sebanyak dua kali. Tentunya menjelang lebaran agar lebih terlihat bersih dan cantik.
Demikian tips menyimpan makanan dalam kulkas  semoga  dapat diterapkan untuk sehari-hari, terutama dibulan puasa, semoga tipsnya bermanfaat.

1 komentar so far

wah.. kalo ane kulkas dipake bareng2 gan.. jadi gak bisa diatur2 gitu...hhe


EmoticonEmoticon