Jul 22, 2010

Serunya Masa Kecilku

Tags


Selamat pagi anak-anak... selamat pagi bu guru...!
Begitulah sepenggal adegan yang mungkin rutin, tapi baru tadi pagi aku dengar dari seberang jalan sebuah sekolah negeri yang murid-muridnya tak lebih dari 6 tahun ini.
Sejenak aku rapatkan kakiku -seperti mau baris berbaris-, aku diam terpaku, membisu beberapa detik sambil melihat ke arah bu guru berjilbab yang dengan senyum manisnya menyapa murid-murid kesayangannya itu.
Eits, tunggu dulu, bukan berarti aku mengagumi bu guru itu lho, tapi pandanganku itu memang luas kesegala arah sehingga menangkap seluruh objek yang ada disana. dari mulai aula, bu guru berjilbab itu, anak-anak yang polos, bangunan sekolah, bahkan sang penjaga sekolah yang sedang menyiram tanaman ditaman  kecil sekolah itu pun tertangkap oleh dua kameraku buatan Tuhan ini. iya, maksudnya dua mata saya, hidung saya satu.. lho kok nyanyi? hehe... udah ah,  ikan hiu ikan cucut, yuk lanjut.

Ga kepikir seberapa cerianya anak-anak itu, apa seperti seseorang yang mendapati bintang jatuh?, atau seekor katak yang mandi air hujan?, atau sebahagia seorang nenek yang mendapat cucu?. Entahlah, yang jelas mereka mampu melayangkan khayalku akan masa kecil itu. Masa kecil yang penuh cerita, cerita yang didominasi oleh senyum dan tawa.
Terkadang, mata ini berair ketika kenangan saat kecil itu muncul ke permukaan fikiranku. ga jarang kedua belah pipiku terangkat sedikit seperti reflektisitas daun putri malu yang tersentuh.  alami ga yah? namanya juga manusia kan?

hmm... ceritanya aku lagi blogwalking sekarang, sambil minum kopi -biasanya ide-ide itu suka muncul dari serbuk kopi. wkwkwk.., menyambung cerita tadi pagi itu mengingat masa kecilku. ga apa yah Sob, posting kali ini sedikit flashback kemasa kecil, siapa tahu aja ada diantara sobat yang ikut bermemori sambil baca artikelku ini dan sobat dapat ide, weleh2 (PD Mode:On). lagian siapa yang mau ngelarang? sobat-sobatku kan baik-baik semua, bahkan lebih baik dari hujan yang turun dimusim kemarau.. :-) ngomong-ngomong, bingung juga nyari gambar yang relevan, soalnya foto kecilku belum sempat di scan. Ga apa lah  seperti biasanya minta ke mbah google aja

Jujur masa kecilku ga terlalu bagus seperti halnya cerita dalam komik doraemon yang tinggal ambil sesuatu didalam kantong ajaib aja, ketika diotak ini menginginkan sesuatu. tapi masa kecilku bukan dongeng, yang bisa dikarang dengan semaunya :D. Walau pun begitu, tentu banyak sisi menariknya juga disamping hal-hal lain yang menegangkan -kayak nonton bioskop aja-.

Kalau ga disungai, aku pasti main bola di jalanan desa, atau sesekali menangkap ikan dikolam, atau juga main layangan dilapangan, wah serabutan yah? hehe... -emangnya kerjaan serabutan?- maklum lah dikampung, ga seperti sobat yang tinggal diperkotaan.  Tapi, banyak ga yah sobat blogger yang masa kecilnya tingggal dikampung seperti aku?. ada juga kali yah..

Oh iya, sempat aku mengagumi Richard Sambera waktu itu, sobat tau kan atlet renang Timnas Indonesia itu, ya separuh masa kecilku kan hidup di jaman kejayaannya. Nah karena itu pula hampir setiap sore aku berenang disungai yang bening seperti kaca itu -tapi sekarang seperti kolam kopi moka + es campur- kebayang kayak gimana.
Pak kades tolong dong kembalikan sungai kami, wah bagusnya ditulis dikertas karton nih, terus dibawa ke gedung pemda dan demo deh.  Jangan ah jelek, mending lewat sms aja kan banyak gratisan. :D

Bertelanjang dada, aku dan teman-teman kecilku waktu itu berlomba, berbagai macam gaya renang dimainkan dari mulai gaya bebas, kupu-kupu, dada, hingga gaya batu dan gaya botol haha... -ketawa haru.- hmm... lucu juga kalau diingat-ingat, huh gara-gar tadi pagi lewat TK jd senyum-senyum sendiri. ga apa lah dicatat diblogku, itung-itung belajar nulis, lho belajar terus koey, kapan nulisnya? iya nanti aja wkwkwk.. Apa lagi yah? ohya, selain berenang aku dan teman polosku juga sering mencari udang air tawar atau ditempatku namanya "hurang" mirip udang sih tapi tawar gitu.
waktu itu, ga ada rasa takut sedikit pun -maklum bocah-. Setiap ada lubang, langsung dirogokin siapa tahu ada yang dicari itu. tapi, pernah juga nemuin ular air dan aku ga takut soalnya  ularnya kecil dan malah ular itu yang takut. hehe..

Wealah kepanjangan koey, nanti yang baca malah bosen.. nyampe sini aja udah 640 kata, berapa kata lagi nayampai salam? oh iya yah, hehe... padahal masih banyak nih, :-(. ga apa deh nyicil ya udah satu lagi aja, sisanya biar buat PR (Page Rank, Pekerjaan Rumah), .
Kayaknya ceritaku main bola ini sama lah sama sobat-sobat yang lain terutama anak laki, yah secara mayoritas anak laki kan suka sama yang namanya maen bola. Nah menariknya,  ditempatku ada sebidang lapang yang cukup luas tapi lebih asik main bola itu dijalan desa. kenapa yah waktu itu? ah lupa, bikin ubanan kalo dipaksa diingat-ingat. Mungkin seru aja bisa dilihat banyak orang, dan sesekali kalu ada pak kades lewat, semua bocah termasuk aku, kompak minggir membuat dua buah barisan berhadapan, dan salah seorang dari bocah dekil itu teriak ngasih aba-aba seperti ini "hormaaaaaat grak! serempak semuanya angkat senjata tangan dan hormat, nah terus pa kades malah nambah keseruan itu, dia turun dari motornya kemudian angkat tangannya dan hormat juga. hahaha... haduuh maaf Pakdes, maklum anak-anak hebat nakal.

Keseruan itu, berjalan kontinyu terus menerus, on and on, seperti mengabaikan putaran bumi, semua berputar secara alami.
Yah inilah hidup. sebagian besar masa kecil itu indah, kita yang polos menjalani kehidupan tanpa beban apa adanya. berbeda dengan sekarang kehidupan kita banyak dibatasi oleh waktu, hak, dan kewajiban sebagaimana manusia dewasa.
Semoga saja masa kecil kita bermanfaat dan bisa dikenang dengan indah dimasa depan, mungkin jadi tajuk rencana buat anak cucu kita, atau jadi sebuah klipping yang apik disimpan diberanda hati. :-)

Baiklah sobat, kepanjangan yah postingnya? aku sendiri kaget pas lihat keatas, :-). Ga apa yah, cuma berbagi cerita aja, tadinya mau ditulis semua tapi kayaknya ga akan cukup waktunya, bisa-bisa postingnya tahun depan. hehe... Ok deh, mohon maaf kalo ada salah salah kata -kayak pidato aja-.
Makasih udah baca sobekan coretanku yang amburadul ini yang kalo di printout kertasnya mungkin lebih pantas dibuat bungkus gorengan. hehe..  jangan lupa berkomentar yah..
salam...

20 komentar

Memang masa kecil adalah
masa yg plng indah sob!!

Masa kecil harus kulalui menjaga adikku yang jumlahnya tujuh, karena aku anak pertama.

@encos: betul sob, sbagian besar masa kecil itu indah :) mksh sob.
@umi: umi kakak yang baik, pasti adik2nya sayang banget sama umi ega.. makasih udh share yah..

tentu saja, bahkan congcot pingin kembali dngan masa kecil hahaha

jd pengen mengulang kembali sob masa kecil sy dl, hahaha, indah banget, ga ada beban, mau maen ya tinggal maen aja ga mikir ini n itu, kl skrg mah repoooot, hahaha :))

betapa indah ya masa kecil dulu,coba klo sekarang kita bisa bernostalgia dengan melakukan permainan masa kecil tentu akan mendatangkan memori bahagya kali..

saya juga seru nih... :)
pas lagi ngajar di SD jadi seneng nih

jadi inget waktu kecil,. aku ingin kembali ke masa lalu ahhh,, pake mesin waktu bisa gk yya... jhahhah

@congcot: emang bisa kembali kemasa kecil? haha... ikut.
@anggasona: masa kecil indah ya sob, tanpa beban, maen mulu kerjaan tuh..
@kangs: ayo kita bernostalgia kang, seru deh kadang bikin terharu jg yah. mmmh... :-)
@secangkir teh: wah ngajar di SD jd kebantu bermemori dong, asik.. :-)
@gieterror: bisa, panggil aja doraemon, hehe..

masa kecil memang indah, sekarang tinggal manisnya.. hehe... happy blogging all.. thanks.. :-)

menurut sy, dunia yg "ga ada matinya" itu adalah dunia anak2.. seruuuuu banget. kita yg udh tua aja klo brada ddket anak2 pasti bwaannya cria n smangat trus. itu yg sy alami skrg :)

slm silahturohim sobat ^___^

@indri: slm silaturahim kmbali.. waah seru dong dikelilingi anak2, sip good luck deh.. makasih yah.. :-)

@muncar: makasih dah comment Sob, happy blogging.. :-)

masa keciL adaLah masa yang indah, waLaupun disekitar kita masih ada sebagian anak-anak yang kurang bisa menikmati masanya.
terima kasih atas sharenya, bisa mengingatkan akan memori yang teLah Lawas.

Masa kecil memang masa yang paling indah dan tanpa beban... Jadi teringan masa kecil ni dan ingin kembali lagi pada masa itu kalau bisa... hehehehe

@om rame: makasih jg om dah comment, kita bernostalgia Om.. :-)
@dedi: betul Sob mau balik ke masa kecil? sama seru sih.. thanks jg sob.. :-)

wah serunya.. teringat masa kecil ku.. haha

Pagi bro...

mungkin seru...memang jika merasakan masa kecil masa dulu, tanpa pikir panjang, aktif dan selalu sportif, itu yang mungkin saya rasakan jika mengenang masa kecil

sedih tapi melihat fenomena anak kecil sekarang, karena banyaknya informasi yang mengalir deras membubui perkembangan mereka, sampai-sampai melupakan prinsip-prinsip kebaikan yang seharusnya mereka pegang dan lestarikan....

itu dulu...

@hanumuslem: pastinya seru Sob, thanks yah..
@The Elf: Betul Sob, aku jg prihatin, tadi pagi aja aku lihat berita di TV seorang anak yg ditelantarkan oleh bapaknya, kelindas kereta dan bapaknya itu kabur. miris dengernya. Makasih dah share Sob..

Cerita Masa Kecil emang penuh dengan warna warni yang sangat indah yah ketika kita mengenangnya saat ini.. ada CERITA LUCU, CERITA SEDIH & CERITA BAHAGIA.... hehhee


EmoticonEmoticon