Jul 12, 2010

Sehat Dengan Bahan Alami


Sepertinya, cuaca terasa tidak menentu saat ini, ada hujan ada juga panas, tapi mungkin juga ini adalah masa  transisi atau pergantian musim. Biasanya, pada pergantian musim seperti ini sangat rawan penyakit, misalnya saja penyakit flu yang paling sering diderita oleh banyak orang, termasuk saya. Anda tidak mau kan sakit karena pergantian musim? Sepertinya daya tahan tubuh kita lemah sekali kalau mudah terkena flu. 

Ada banyak cara atau resep untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bugar walau pun cuaca tidak menentu seperti sekarang ini. Sebagai contoh, banyak sekali multivitamin-multivitamin untuk daya tahan tubuh dipasaran, dengan berbagai merek dan iklan yang menjanjikan tentunya. Tapi apakah itu aman? ya mungkin aman walaupun kita tidak pernah membuktikannya secara langsung. 

Salah satu resep bugar yang aman yang tak kalah khasiatnya yaitu dengan bahan tradisional, dan ini jelas tanpa efek samping. untuk itu, setelah mencari-cari, saya menemukan dari beberapa sumber bahwa ada 6 bahan tradisional yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan menghadapi pergantian musim. Berikut diantaranya:

1. Zat Besi
Zat besi merupakan mineral esensial yang dibutuhkan lebih dari 300 enzim yang ada di dalam tubuh. Zat besi dapat Anda temukan pada makanan seperti daging, hati, seafood dan telur. Saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk pil dan sirup. Kenapa zat besi bermanfaat? Zat ini memiliki efek menguatkan sistem imun tubuh, mood, kehidupan seks dan kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan. Saat Anda mendapatkan gejala-gejala flu awal, tambahkan asupan zat besi dalam diet Anda. Sebagai bonusnya, zat besi ini dapat sedikit membantu menurunkan gejala flu.

2. Bawang Putih
Allicin yang terkandung didalam bawang putih, adalah zat yang paling ampuh melawan flu. Kandungan allicin dalam bawang putih dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu dengan cepat. Tapi ada efek samping bagi penderita gula darah dan wanita hamil. Menurut tes bawang putih memang mampu membunuh virus influenza. Tambahkan bawang putih pada sop ayam, yang juga dipercaya meredakan gejala flu, lalu nikmati saat masih panas.
3. Bawang Merah
Kandungan dalam bawang merah tak jauh beda dengan bawang putih, yang mengandung kimia antiviral. Rendam potongan bawang merah mentah di madu, biarkan selama semalaman. Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu.

4. Madu
Madu populer sebagai obat mujarab di beberapa budaya, madu juga menunjukkan dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan dan diyakini mengandung antioksidan dan anti bakterial. Selain itu, madu juga terbukti meringankan batuk dan membantu tidur pulas pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.

5. Ginseng
Siapa yang tak kenal suplemen herbal yang paling populer ini?, Banyak manfaat dari ginseng ini mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yang berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan. Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, untuk itu tak salah jika ginseng disebut berkhasiat sebagai obat flu.

6. Jahe
Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Dalam pengobatan India, ayurveda juga dipercaya hal yang sama. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi, sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.

Nah, itu dia beberapa bahan alami yang mungkin sudah banyak dilupakan orang karena tersedianya suplemen modern dengan bahan kimia dipasaran yang dapat dengan mudah kita dapatkan.  Semoga saja ini bisa bermanfaat dan kita  tetap bisa menjaga kelestarian resep-resep alami yang bermanfaat ini.

6 komentar

ini yang harus di terapkan dalam hidup kita...

madu dan air jahe masih saya minum rutin sampai sekarang nh kang,,,thanks infonya...

@muzzy: betul kang, thnks udh comment.
@etam: bagus tuhkang, kalo akoey jg minum madu atau kunyit gede. thanks..
@ibnu: kalo gitu sama kawan, pake telor jg enak. maksaih yah udh sharing.. :)

waahh..nice info ni..thanks a lot....
mas..sori ya, aku blom pajangin awardnya...tp pasti aku pajang deh..heheh..keep in touch yaa...thanks..^_^

saya paLing suka minum air jahe, enak di badan jadi anget. terima atas share kesehatannya.

ngobroL.
terima kasih sudha bersedia memasang banner bLog saya, mohon maaf informasi dari sobat baru saya ketahui jadi banner bLog sobat baru saya pasang. mohon agar info disampaikan pada postingan terakhir, karena saya jarang cek postingan yang teLah Lampau. terima kasih.


EmoticonEmoticon