May 8, 2010

Apa Manfaat Silaturahmi Itu?

Tags


Patutlah kita berterimakasih pada para pencipta situs jejaring sosial seperti friendster, facebook, twitter, dsb. Sebab tanpa disadari kita telah menjalankan salah satu syariat islam yaitu bersilaturahmi, bahkan bukan hanya di islam saja melainkan agama-agama lain juga menganjurkan untuk bersilaturahmi.Benar, dengan saling sapa, berteman, bahkan saling kunjungi walau hanya di dunia maya akan tetapi hakikatnya kita jiwa kita telah bertemu antara satu dan lainnya.
Memang ada banyak cara orang bersilaturahmi, dari dahulu dengan surat-menyurat hingga kini dengan berinteraksi di dunia maya.
Apakah manfaat dari pentingkah silaturahmi itu? secara garis besar ada 10  macam yaitu:
  1. Mendapatkan ridho Allah SWT.
  2. Membuat orang yang dikunjungi berbahagia.
  3. Menyenangkan malaikat, karena malaikat juga sangat senang bersilaturahmi.
  4. Disenangi oleh manusia.
  5. Membuat iblis dan setan marah.
  6. Memanjangkan usia.
  7. Menambah banyak dan berkah rejekinya.
  8. Membuat senang orang yang telah wafat. Sebenarnya mereka itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik.
  9. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.
  10. Menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahmi) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.
Marilah kita jaga silaturahmi diantara sesama dengan baik agar tercipta kehidupan yang nyaman dan harmonis dan senantiasa mendapat ridho dari Allah SWT. Amin.

2 komentar

itu ada nggak dalam al Quran? kalau ada ayat berapa ya?

Yth. Anonim:
manfaat silaturahmi diatas itu adalah menurut Abu Laits as-Samarqandi, seorang ahli fiqih yang termasyhur. mengenai ayat dalam Al-Qur'an yang saya ketahui adalah dalam Surat An-Nisa ayat 1.
terimakasih banyak sudah berkunjung. salam.


EmoticonEmoticon