May 29, 2010

5 Hal Baik Ketika Menghadapi Musibah

Tags


Ketika menghadapi musibah apa pun bentuknya itu, terkadang  manusia aral, marah, bmerasa diri paling rugi, bahkan bisa lupa padaNya. Padahal Allah tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan umatNya. Banyak sekali musibah yang terjadi belakangan ini, berupa bencana alam atau pun bencana yang menimpa individu. Ada beberapa hal yang patut kita lakukan ketika menghadapi musibah, adalah:
  1. Berbaik sangka kepada Allah, "..Boleh jadi kamu membncisesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesutu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Q.S. Al-Baqarah 2:216)
  2. Bersabar, "Jika ku bebankan kemalangan untuk salah seorang hamba-Ku pada badannya, hartanya, atau anaknya, kemudian dia menemaninya dengan sabar yang sempurna, aku merasa enggan menegakkan timbangan baginya pada hari kiamat atau membukakan buku catatan amal baginya."(Hadits Qudsi Riwayt Al-Qudha'i, Dailami, dan Tirmizi).
  3. Banyak bersyukur kepada Allah, didalm sebuah Hadits Qudsi juga, Allah berfirman kepada para malaikat, "jika aku menguji salah seorang hamba-Ku yang beriman, lalu ia memuji-Ku atas ujian itu, maka berilah dia phala sebagaimna pahala yang biasa kalian berikan kepadnya."(HR. Ahmad dan Thabrani)
  4. Memperbanyak istighfar dan menghisab diri,  "Dan apa yang menimpa kamu adalah apa yang disebabkan perbuatanmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)". (Q.S. Asy-Syuraa 42:30)
  5. Tawakal kepada Allah Swt, "Sungguh menakjubkan bagi seorang mukmin! tidak ada suatu tajdir Allah tentang sesuatu melainkan selalu baik baginya. Dan, bila dia dianugerahkan suatu kesenangan, dia pun bersyukur dan perkara itu pun baik baginya. Dan perkara itu tidak diperuntukkan kepada seorang pun melainkan hanya bagi orang mukmin." (HR. Bukhari Muslim).
Insya Allah, Allah Swt akan memberikan hikmah dari setiap musibah yang kita alami.

1 komentar so far

bagus bgt tipnya koey,,sll brsbr n brsyukur emang udh paling bgs kl lg kna musibah...

With Love,

|
|
V

Miss Rinda - Personal Blog


EmoticonEmoticon